Tempat Wisata di Blitar – Merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa TimurBlitar yang berlokasi di kaki gunung Kelud dijuluki sebagai Kota Proklamator, Kota Patria hingga Kota PETA. Hal ini tak terlepas dari sejarah panjang perjuangan kemerdekaan Indonesia yang erat kaitannya dengan Blitar.

Selain kisah-kisah perjuangan tersebut, Blitar juga dikenal akan keindahan dan potensi pariwisata yang terdapat di kota yang berjarak 167 Km dari kota Surabaya dan 80 Km dari kota Malang

Tertarik jelajahi keindahan dan potensi wisata di Blitar? Berikut rekomendasi destinasi tempat wisata di Blitar terbaru dan paling populer:

1. Air Terjun Jurug Bening

Air Terjun Jurug Bening

Untuk bisa mencapai destinasi tempat wisata di Blitar satu ini, Toppers perlu melewati medan yang cukup panjang dan sulit. Mulai dari area persawahan hingga melalui jalan setapak yang terjal dan licin menuruni bukit haru Toppers lewati untuk bisa mencapai kawasan Air Terjun Jurug Bening.

Meskipun cukup menantang, pemandangan yang ditawarkan oleh obyek wisata di Blitar ini tentu akan membuat semua rasa lelah tersebut terbayar. Mengalir jatuh melewati tebing baru yang eksotis, Toppers bisa menikmati suasana asri yang menyegarkan di tempat wisata alam di Blitar satu ini.

Lokasi: Dusun Sumberdadi, Desa Purworejo, Wates, Blitar, Jawa Timur

2. Gumuk Sapu Angin

Gumuk Sapu Angin

Gumuk Sapu Angin berada di kawasan Desa. Resapombo, Kec. Doko, Blitar, Jawa Timur. Dari pusat kota Blitar memakan waktu tempuh sekitar 1,15 jam perjalanan. Gumuk Sapu Angin mengusung konsep gardu pandang dengan landscape kemegahan Gunung Kawi dan Gunung Kelud juga pemandangan alam yang hijau nan elegan. Tiket masuk menuju lokasi untuk hari biasa Rp2.000 dan untuk hari libur atau akhir pekan Rp3.000. Oh iya, selain gardu pandang, di sini juga ada beberapa spot selfie lainnya yang masih dalam proses pembangunan.

3.Hutan Kota Wlingi ,Destinasi Idaman Hati yang Cocok untuk Santai Sore

Hutan Kota Wlingi

Hutan Kota Wlingi ditata ulang pada 2015 dan diberi nama Taman Idaman Hati. Sejak saat itu, tempat ini jadi kian terkenal di antara warga Wlingi. Pemandangan asri nan hijau di sekitarnya selalu menarik bagi siapapun yang ingin berjalan-jalan di akhir pekan atau sekedar duduk santai dan melepas penat.

Lokasi Taman Idaman Hati sangat mudah dijangkau. Bagi Teman Traveler yang hendak menuju Malang, pasti melewati tempat ini. Alamat persisnya ada di Jalan Urip Sumoharjo, Wlingi, Kabupaten Blitar dan hanya berjarak 20 km dari pusat kota Blitar.

Jalan menuju taman ini searah dengan rute ke arah Malang. Dari pertigaan Tugu Garuda Wlingi, Teman Traveler tinggal belok ke arah kiri. Berikutnya, telusuri jalan yang ada. Nantinya kalian akan mendapati Taman Idaman Hati di sisi kanan jalan.

4. Sirah Kencong Pesona Perkebunan Teh dan Air Terjun

Sirah Kencong

Satu lagi tempat menarik yang bisa dikunjungi di Blitar, Jawa Timur, selain wisata edukasi, wisata buatan dan wisata sejarah. Blitar juga menyimpan keindahan alam yang bisa dinikmati, salah satu tempat menarik di Blitar adalah Wisata Agro Sirah Kencong yang berada di area pegunungan di kawasan Blitar. Terletak pada ketinggian 1000 m dpl, secara administratif masuk dalam wilayah Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur berada dalam pengelolaan PT. Perkebunan Nusantara XII.

Di lokasi Wisata Agro Sirah Kencong ini Anda akan dimanjakan oleh sebuah keindahan panorama perkebunan teh yang  indah dan elok serta air terjun yang sangat indah. Pesona utama dari objek Wisata Agro Sirah Kencong ini terletak pada kebun tehnya. Kebun tersebut memiliki luas sekitar 219.15 hektar. Kebun teh membentang pada bentang alam yang berbukit-bukit sehingga tampak semakin indah. Jalan setapak tempat lalu lalang para pemetik teh tampak seperti guratan-guratan indah yang berulir.

5.Puncak Kejora


Puncak Kejora

Kawasan Agrowisata Sirah Kencong mulai Perhutani KPH Blitar, salah satunya puncak Kejora. Saat ini kawasan tersebut menjadi sebuah wisata baru yang keren dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan.
Selain pemandangan yang sangat menawan tersaji di sana, juga banyak spot-spot foto keren untuk berselfie. Wisata Puncak Kejora ini menyajikan pemandangan alam yang sangat mempesona.

Ada beberapa spot unggulan yang menjadi favorit bagi para penghobi foto, diantaranya adalah spot foto Bintang Kejora, Gazebo yang menghadap ke Gunung Buthak dan Gunung Kelud, Sign Board, dan lain-lain.

Puncak Kejora ini berlokasi di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Pengunjung yang masuk dikenai biaya retribusi sebesar Rp 5 ribu perorang, sedangkan untuk biaya parkirnya Rp 2 ribu.