1.Nasi Ampok


Nasi Ampok Khas Blitar

Nasi ampok adalah nasi yang terbuat dari jagung yang di tumbuk halus dan di kukus. Makanan khas ini sangatlah digemari dari zaman dulu hingga sekarang.

Dulu awal mula terbentuknya nasi ampok di karenakan harga beras yang mahal, bersamaan dengan berlimpahnya panen jagung pada masa itu dan tercetuslah sebuah gagasan untuk membuat sebuah makanan pokok pengganti beras yaitu nasi yang terbuat dari jagung ini.

Nasi jagung ini biasa disajikan dengan ikan asin, sayur rebus, dan juga sayur lodeh pedas serta masih banyak lagi lauk yang disajikan. Karena cita rasa yang sangat unik inilah banyak orang yang sangat menyukainya bahkan semua kalangan dari muda hingga yang tua

2. Wajik Kletik


Wajik Kletik Khas Blitar

Wajik kletik ini merupakan makanan yang biasanya di beli oleh wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Blitar. Wajik Kletik ini merupakan salah satu makanan Khas Blitar yang sangat terkenal yang terbuat dari bahan dasar dari Gula Kelapa dan Beras Ketan.

untuk kemasan dari Wajik Kletik ini yaitu di kemas sangat sederhana yaitu di Bungkus dengan menggunakan kulit jagung yang sudah di keringkan.

Tidak hanya di buat untuk oleh-oleh khas Blitar saja, namun biasanya Wajik Kletik ini di sajikan dalam acara-acara seperti hajatan ataupun acara penting lainnya. Untuk Rasa dari Wajik Kletik ini memiliki rasa yang manis dan gurih dan mempunyai tekstur Kletik-kletik saat di makan.

3. Es Pleret

Es Pleret Khas Blitar

Setelah mencoba beberapa makanan khas di Blitar, sudah saatnya untuk mencoba beberapa minuman Khas Blitar yaitu Es Pleret.
Es Pleret ini sendiri merupakan minuman es yang berbahan dasar dari tepung beras dan di sajikan dengan menggunakan sirup dan santan agar rasanya manis, segar dan juga gurih.

Es yang sangat cocok dikonsumsi ketika siang hari yang terik, menghilangkan dahaga dan membasahi tenggorokan yang kering.

Udah kebayang kan betapa nikmatnya es ini, pada dasarnya pembuatan pleret atau isian yang berbentuk bulat itu menggunakan tepung beras jadi tanpa diberi pemanis menjadikan rasa yang disajikan menjadi hambar.

Tapi tenang dalam es ini masih banyak pelengkap yang lain yang menunjang rasa dari pleret itu sendiri.

4. Es Drop

Es Drop Khas Blitar

Kalau masih belum puas dengan es pleret silakan anda mencoba minuman es Khas Blitar yang satu ini yang bisa menyegarkan tenggorokan anda yaitu es drop. Es drop ini merupakan minuman es yang rupa dan bentuknya hampir sama dengan es krim.

Minuman es khas Blitar ini juga sangat terkenal dan banyak di cari oleh wisatawan yang berkunjung ke Blitar. Dalam penyajiannya es drop ini di bungkus degan kertas dan simpan di dalam termos.

Untuk mendapatkan Es ini cukup mudah karena dapat anda temukan di sekitar makam bung Karno, Alun-alun Blitar dan tempat wisata lainnya di Blitar.

5. Soto Daging Khas Blitar

Soto Daging Khas Blitar  

Soto Daging ini merupakan khasnya kota Blitar. Kamu bisa menemukan wisata kuliner ini di tempat makan bernama Soto Daging Bok Ireng.

karena ada yang khas dari soto ini, seperti daging yang berwarna hitam dan juga kuah soto special yang berbumbu rempah-rempah yang sangat khas yang sangat membuat air liur serasa ingin terjun bebas ketika masih mencium aroma soto ini.

Di warung bok ireng ini, kamu bisa menyantap soto yang rasanya sangat spesial. Kemudian, kamu bisa datang ke Jalan Cokroaminoto untuk membelinya dengan harga yang tidak terlalu mahal.

6. Uceng Goreng

Uceng Goreng Khas Blitar

Uceng merupakan ikan air tawar yang hidup di sungai. Bentuk dari ikan ini adalah bulat dan memanjang dan besarnya kira-kira sebesar jari kelingking. Ikan Uceng dapat disajikan dalam beberapa menu seperti Sayur Uceng, Bothok Uceng dan Uceng Goreng.

Kamu juga bisa memakannya dengan nasi hangat ditemani dengan sambal. Rasanya yang gurih sebagian membuat kamu ketagihan dan ketagihan lagi.
Salah satunya adalah warung Uceng Sukaria yang terletak di Jalan Cokropati Desa Babadan, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Selain digoreng, uceng juga sering dijadikan peyek.